KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada
Tuhan Yang Maha Esa sehingga penyusunan makalah ini dapat selesai tepat
pada waktunya. selain itu saya ingin
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pembimbing mata
kuliah INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER serta motivasinya.
Pembahasan ini masih bisa di
sempurnakan lagi agar bermanfaat bagi
kita semua dan khususnya kalangan IT sangat perlu mempelajari “KONSEP TEKNOLOGI
dan MANUSIA“ agar bisa mengetahui kosep dasar teknologi itu sendiri
Saya menyadari akan kekurangan dalam
penysunan makalah ini. Karena itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan makalah ini.
Palu,24 juni 2014
Penulis
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
................................................................................................................i
DAFTAR ISI ............................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
................................................................................1
1.2
Rumusan Masalah
...........................................................................................1
1.3
Tujuan Masalah ..............................................................................................1
1.4
Manfaat Penulisan Makalah..........................................................................2
BAB II PEMBAHASAAN
2.1
Awal Perkembangan Teknologi di Masyarakat.........................................3
2.2
Teknologi Menurut Finn,
1990....................................................................3
2.3
Konsep Teknologi Menurut Saettler.........................................................4
2.4
Teknologi di Bidang Pendidikan
................................................................4
2.5
Teknologi Pendidikan menurut Percival & Ellington, 1984 (Inggris)...4
2.6
Definisi Teknologi Pendidikan
menurut AECT (Amerika
Serikat)......5
2.7
Arah atau Alur Konsep Teknologi di Dunia
..............................................5
2.8
Sifat Teknologi ..............................................................................................6
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
3.1
Kesimpulan .......................................................................................................7
3.2
Saran ...............................................................................................................7
DAFTAR PUSTAKA
................................................................................................................8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah
Selama ini kita menganggap bahwa
teknologi memang sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kita
terbiasa dan cenderung menganggap teknologi sebagai peralatan dan berkaitan
dengan mesin, komputer, dan serba elektronik. Padahal arti teknologi sangat
luas dan tergantung peran teknologi itu sendiri bagi manusia.
Di sekeliling kita banyak sekali
teknologi. Kehadirannya seringkali tidak disadari karena asumsi teknologi
biasanya mengacu kepada suatu produk bersifat canggih, seperti computer.
Padahal teknologi dapat pula bersifat abstrak, tidak berwujud
1.2 Rumusan Masalah
Masalah yang Akan di Bahas di
Makalah ini adalah :
1.
Bagaimana menulis latar belakang ?
2.
Bagaimana menulis tujuan Makalah ?
3.
Bagaimana manfaat penulisan ?
4.
Bagaimana mendefenisikan konsep teknologi
menurut para ahli ?
5.
Bagaimana mendefenisikan Teknologi Pendidikan di
kalangan Masyarakat ?
6.
Pengertian Teknologi Pendidikan menurut Percival & Ellington,
1984 (Inggris)
7.
Bagaimana cara mendefinisikan Teknologi
Pendidikan menurut AECT (Amerika Serikat) ?
8.
Arah atau Alur Konsep Teknologi di Dunia.
9.
Bagaimana Sifat Teknologi ?
1.3 Tujuan Masalah
Memotivasi kemampuan kita
agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan
TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan
sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri, sehingga
proses pembelajaran dapat lebih optimal,
menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam
berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa
bekerjasama.
1.4 Manfaat Penulisan
Makalah
Manfaat IT dalam perkembangan
kehidupan sehari hari memang sangat banyak, manfaat IT terutama untuk
pendidikan, industri, internet,
dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat lah banyak. Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital
terutama untuk dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan
cendrung menjadi kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang
beralih dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan
meningkatkan keuntungan mereka. Manfaat It dalam membangun suatu individu,
perusahaan, bahkan sebuah negara sangat berdampak besar. Terbukti bahwa IT (Information Technology) dapat mengubah suatu
Individu, perusahaan, bahkan suatu organisasi dan negara seperti membuat
pekembangan dan kemajuan untuk mereka ataupun dapat menjatuhkan mereka secara
mudah dan contoh sebgai berikut :
v Menambah ilmu pengetahuan.
v Lebih praktis
v Menambah jaringan teman.
v Mendapatkan informasi secara mudah
dan gampang.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Awal Perkembangan Teknologi di
Masyarakat
Perkembangan Teknologi mengakibatkan
perubahan signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia. Perkembangan
teknologi informasi meliputi perkembangan infrastruktur teknologi, khususnya dalam
bidang teknologi informasi, seperti adanya hardware, software, teknologi
penyimpanan data (storage), dan teknologi komunikasi (Laudon, 2006: 174).
Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga
bidang-bidang lain, seperti kesehatan,pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain.
Tahun 1650 sampai dengan 1955 dinyatakan oleh Alvin Toffler sebagai era
industri. Era ini dimulai dengan terjadinya revolusi industri, yaitu sejak
ditemukannya mesin-mesin industri. Tenaga kerja manusia di dalam pabrik mulai
diganti dengan mesin. Namun seiring dengan bergulirnya waktu, saat ini kita
berada pada zaman Teknologi dan Informasi. Sebagai contoh, kini telah di
temukan alat elektronik anti bakteri pada mesin cuci, lemari es dan pendingin
ruangan yaitu dengan menggunakan teknologi nano. Kemajuan teknologi adalah
sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan
teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan
teknologi memang sangat diperlukan.
2.2 Teknologi Menurut
Finn, 1990
Finn, 1960 sebagaimana dikutip oleh
Gentry menyatakan, “selain diartikan sebagai mesin, teknologi bisa mencakup
proses, sistem, manajemen, dan mekanisme pantauan; baik manusia itu sendiri
atau bukan, serta dirinya sendiri
Secara luas, cara pandang terhadap
masalah berikut lingkupnya, tingkat kesukaran, studi kelayakan, serta cara
mengatasi masalah secara teknis dan ekonomis”. Dalam hal yang sama, ia mengutip
pula konsep Simon (1983) yang berbunyi,“teknologi sebagai disiplin rasional,
dirancang untuk meyakinkan manusia akan keahliannya menghadapai alam fisik atau
lingkungan melalui penerapan hokum atau aturan ilmiah yang telah ditentukan”.
2.3 Konsep Teknologi
Menurut Saettler
Disamping kedua definisi, pemikiran
Saettler tidak jauh berbeda. Beliau mengutip asal katanya techne, bahasa
Yunani, dengan makna seni,kerajinan tangan, atau keahlian. Kemudian ia
menerangkan bahwa teknologi bagi bangsa Yunani kuno diakui sebagai suatu
kegiatan khusus, dan sebagai pengetahuan. Pendapat Saettler ini mengacu pada
konsep itcham, Ia mencantumkan uraian Aristotle tentang techne sebagai
penerapan (ilmu) pengetahuan sistematis agar menghasilkan kegiatan (manusia)
yang baik.
2.4 Teknologi di Bidang
Pendidikan
Konsep teknologi
yang telah dibahas tadi sebetulnya dapatditerapkan bagi berbagai disiplin ilmu.
Untuk kebutuhan dasar manusia, kita mengenal teknologi pangan dan teknologi
penyehatan lingkungan. Di bidang industri ada teknologi perkapalan, teknologi
industri itu sendiri, sedang pada ilmu murni kita mengenal bioteknologi, dan
istilah DNA. Dunia pendidikan juga mengenal dan menerapkan teknologi
pendidikan, Berbagai pandangan mengenai konsep Modultp-DSP\home-modulkb1rev.doc 11 definisi teknologi pendidikan sudah
diajukan
para pakar. Berikut konsepkonsep dari Percival & Ellington dan pakar-pakar
dari AECT, 1977 dan 1994.
2.5 Teknologi
Pendidikan menurut Percival & Ellington, 1984 (Inggris)
Pada halaman 19 – 20 dari buku tentang “Educational
Technology”, mereka mengutip definisi Council for Educational Technology
for the UK, yang menjabarkan teknologi pendidikan sebagai pengembangan,
penerapan dan evaluasi atas sistem, tehnik, serta alat bantu untuk meningkatkan
proses belajar (manusia). Selain definisi ini, mereka juga mencantumkan
definisi yang berasal dari National Centre for Programmed Learning,
UK.
Definisi tersebut berbunyi antara lain
“teknologi pendidikan adalah penerapan pengetahuan ilmiah mengenai belajar dan
kondisi belajar untuk meningkatkan keefektifan dan efisiensi pengajaran dan
pelatihan. Jika tidak ada temuan atau prinsip ilmiah, maka teknologi pendidikan
menggunakan tehnik teruji secara empirik untuk meningkatkan proses belajar”.
Mereka berpendapat pola terapan teknologi pendidikan terjadi berupa proses
berulang dan pendekatan sistem sebagai alur berpikir dalam merancang situasi
mengajar .
2.6 Definisi Teknologi Pendidikan
menurut Association for Educational Communications and Technology atau AECT (Amerika Serikat)
Organisasi
profesi teknologi pendidikan tertua ini berulang kali merumuskan batasan yang
memadai mengenai teknologi pendidikan. Beberapa definisi yang dianggap kokoh
dan permanen diantaranya adalah definisi yang diluncurkan oleh Komisi khusus
AECT tahun 1977 dan definisi yang diluncurkan oleh Seels & Richey tahun 1994
dan masih disponsori oleh organisasi profesi ini. Berikut rinciannya.
v Rumusan tahun 1972
“Teknologi pendidikan sebagai bidang
garapan yang terlibat dalam penyiapan fasilitas belajar (manusia) melalui
penelusuran , pengembangan, organisasi, dan pemanfaatan sistematis seluruh
sumber-sumber belajar; dan melalui pengelolaan seluruh proses ini”. Definisi di
atas diambil dan disarikan dari rumusan sebelumnya, yaitu tahun 1963, 1970, dan
1971. Sewaktu merumuskan definisi tadi, para pakar menyatakan teknologi pendidikan
sebagai bidang garapan. Mereka berusaha mencari peluang keahlian yang
dapat dijadikan sebagai ‘pekerjaan’ dan mengembangkan keahlian tersebut
berdasarkan pengalaman kerja yang diperoleh.
2.7 Arah atau Alur
Konsep Teknologi di Dunia
Tata cara atau proses dari perkembangan dan
cara menyelaraskannya pada masa sekarang yaitu mencakup :
v Teknologi
(technoware)
v Organisasi
(orgaware)
v Tenaga
kerja (humanware)
v Informasi
tentang teknologi yang dimiliki (infoware)
Dari bagan di atas bisa
kita simpulkan bahwa di kemajuan teknologi pada bidang Tenaga Kerja (hum anware) sangat
memberikan peluang atau kesempatan bagi kita semua untuk mendapat suatu
pekerjaan yang sesuai dengan skill dan pengetahuan kita, kerja sama dan
kecepatan kita dalam mendapat Informasi tentang teknologi yang di miliki (Infoware),
karena jika kita tidak mencari atau melihat informasi tentang teknologi,
maka peluang tenaga kerja tersebut sangat sulit di dapatkan dan kita masih
terpaku dengan apa yang ada, padahal perkembangan pengetahuan dan teknologi
dalam setiap waktunya terus berjalan.
Perkembangan Teknologi (technology)
pada masa sekarang dan perkembangan organisasi (orgaware) yang membuat
keduanya saling berkaitan sehingga penyampaian dan komunikasi dengan mudah di
bagikan kepada satu sama yang lain, penggabungan komunikasi dan interaksi
dari organisasi yang membuat teknologi semakin bertambah baik dalam individu
maupun kelompok dan orang banyak. Dan perkembangan Teknologi memberikan
kontribusi karena semuanya saling bekerjasama dan menyatu sehingga memberikan
kemajuan–kemajuan yang berlanjut, bisa di lihat Tenaga Kerja (Humanware)
berusaha mencari Informasi tentang teknologi yang dimiliki (infoware)
dan pada Teknologi (technology) memberikan peluang kepada Organisasi (Orgaware)
dan kelompok untuk saling membantu pada masa berkembangnya technology.
2.8 Sifat Teknologi
Untuk mengenali teknologi serta
peranannya bagi manusia, kategorisasi karakter teknologi perlu dicermati.Bagi
Heinich, teknologi dianggap sebagai suatu disiplin ilmu yang sistematis dan
rasional. Ia merumuskan beberapa sifat yang harus dimiliki oleh suatu
teknologi. Sifat-sifat tersebut adalah :
(1) dapat ditiru, diulang atau diperbanyak (replicability)
(2) diandalkan karena melalui serangkaian ujicoba (reliability)
(3) mudah digunakan dan dilaksanakan untuk mengatasi masalah
(algorithmic-decision making)
(4) dapat dikomunikasikan dan dipantau dengan baik
(1) dapat ditiru, diulang atau diperbanyak (replicability)
(2) diandalkan karena melalui serangkaian ujicoba (reliability)
(3) mudah digunakan dan dilaksanakan untuk mengatasi masalah
(algorithmic-decision making)
(4) dapat dikomunikasikan dan dipantau dengan baik
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 KESIMPULAN
Saat ini Teknologi Informasi (TI) berkembang
sangat pesat dan meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Baik untuk
keperluan menyelesaikan pekerjaan sehari - hari di tempat kerja, maupun di
dalam kehidupan pribadi atau keluarga. Perkembangan TI ini akan mendominasi
dunia dan sangat memengaruhi kehidupan masyarakat di masa mendatang.
Sumber Daya Manusia yang dapat mengerti
perkembangan ini dan mampu menerapkannya dalam kehidupannya sehari - hari akan
mampu bersaing dengan SDM lain yang
tidak mengikuti perkembangan ini.
Kuliah ini mengenalkan tentang konsep-konsep teknologi informasi. Mata kuliah ini menerangkan tentang berbagai macam konsep teknologi informasi, dimulai dari perkembangan, etika, sampai fungsionalitas teknologi informasi. Mata kuliah ini sangat penting dalam memberikan motivasi kepada para mahasiswa dan menarik minat mereka untuk berinteraksi dengan teknologi informasi.
Kuliah ini mengenalkan tentang konsep-konsep teknologi informasi. Mata kuliah ini menerangkan tentang berbagai macam konsep teknologi informasi, dimulai dari perkembangan, etika, sampai fungsionalitas teknologi informasi. Mata kuliah ini sangat penting dalam memberikan motivasi kepada para mahasiswa dan menarik minat mereka untuk berinteraksi dengan teknologi informasi.
3.2 SARAN
Untuk kemajuan teknologi informasi
teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu
mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang
kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu
karya yang berguna bagi manusia.Diharapkan dengan adanya teknologi computer dan
softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu
mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.Kemajuan
teknologi informasi computer software dimasa mendatang diharapkan dapat
membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan
pekerjaan mereka dengan cepat
karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan
dikerjakan dengan system komputerisasi.
DAFTAR
PUSTAKA
http://pengantarteknologiinformatikaa.blogspot.com
http://Adnyana.blogspot.com
What are the best casino slots casinos to play at? - DrmCD
BalasHapusSome of these are slot 보령 출장안마 machines that use some kind 군산 출장샵 of multiplier, but also some progressive jackpots and a 군산 출장샵 variety 양주 출장샵 of progressive jackpots. 의왕 출장샵