Sabtu, 28 Juni 2014

KONSEP TEKNOLOGI DAN MANUSIA


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga penyusunan makalah ini dapat selesai tepat pada  waktunya. selain itu saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pembimbing mata kuliah INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER serta motivasinya.
Pembahasan ini masih bisa di sempurnakan lagi agar  bermanfaat bagi kita semua dan khususnya kalangan IT sangat perlu mempelajari “KONSEP TEKNOLOGI dan MANUSIA“ agar bisa mengetahui kosep dasar teknologi itu sendiri
Saya menyadari akan kekurangan dalam penysunan makalah ini. Karena itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan makalah ini.






                                                                         Palu,24 juni 2014 

                                                                               Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ................................................................................................................i
DAFTAR ISI ............................................................................................................................ii
BAB  I PENDAHULUAN
                1.1 Latar Belakang Masalah ................................................................................1
                1.2 Rumusan Masalah ...........................................................................................1
                1.3 Tujuan Masalah ..............................................................................................1
                1.4 Manfaat Penulisan Makalah..........................................................................2
BAB II PEMBAHASAAN
                2.1 Awal Perkembangan Teknologi di Masyarakat.........................................3
                2.2 Teknologi Menurut Finn, 1990....................................................................3
                2.3 Konsep Teknologi Menurut Saettler.........................................................4
                2.4 Teknologi  di Bidang Pendidikan ................................................................4
               2.5 Teknologi Pendidikan menurut Percival & Ellington, 1984 (Inggris)...4
              2.6 Definisi Teknologi Pendidikan  menurut  AECT (Amerika Serikat)......5
                2.7 Arah atau Alur Konsep Teknologi di Dunia ..............................................5
                2.8 Sifat Teknologi ..............................................................................................6
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
                3.1 Kesimpulan .......................................................................................................7
                3.2 Saran ...............................................................................................................7
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................................8






   BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Selama ini kita menganggap bahwa teknologi memang sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kita terbiasa dan cenderung menganggap teknologi sebagai peralatan dan berkaitan dengan mesin, komputer, dan serba elektronik. Padahal arti teknologi sangat luas dan tergantung peran teknologi itu sendiri bagi manusia.
Di sekeliling kita banyak sekali teknologi. Kehadirannya seringkali tidak disadari karena asumsi teknologi biasanya mengacu kepada suatu produk bersifat canggih, seperti computer. Padahal teknologi dapat pula bersifat abstrak, tidak berwujud
1.2 Rumusan Masalah
Masalah yang  Akan di Bahas di Makalah ini adalah :
1.       Bagaimana menulis  latar belakang ?
2.       Bagaimana menulis tujuan Makalah ?
3.       Bagaimana manfaat penulisan ?
4.       Bagaimana mendefenisikan konsep teknologi menurut para ahli ?
5.       Bagaimana mendefenisikan Teknologi Pendidikan di kalangan Masyarakat ?
6.       Pengertian Teknologi  Pendidikan menurut Percival & Ellington, 1984 (Inggris)
7.       Bagaimana cara mendefinisikan Teknologi Pendidikan  menurut  AECT (Amerika Serikat) ?
8.       Arah atau Alur Konsep Teknologi di Dunia.
9.       Bagaimana Sifat Teknologi  ?

1.3 Tujuan Masalah
Memotivasi  kemampuan  kita agar bisa  beradaptasi  dan  mengantisipasi perkembangan  TIK,  sehingga  bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri,  sehingga  proses  pembelajaran  dapat  lebih  optimal,  menarik,  dan mendorong  kita lebih terampil  dalam  berkomunikasi,  terampil  mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.

1.4 Manfaat Penulisan Makalah
Manfaat IT dalam perkembangan kehidupan sehari hari memang sangat banyak, manfaat IT terutama untuk pendidikan, industri, internet, dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat lah banyak. Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan cendrung menjadi kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan keuntungan mereka. Manfaat It dalam membangun suatu individu, perusahaan, bahkan sebuah negara sangat berdampak besar. Terbukti bahwa IT (Information Technology) dapat mengubah suatu Individu, perusahaan, bahkan suatu organisasi dan negara seperti membuat pekembangan dan kemajuan untuk mereka ataupun dapat menjatuhkan mereka secara mudah dan contoh sebgai berikut :
v  Menambah ilmu pengetahuan.
v  Lebih praktis
v  Menambah jaringan teman.  
v  Mendapatkan informasi secara mudah dan gampang.








BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Awal Perkembangan Teknologi di Masyarakat
Perkembangan Teknologi mengakibatkan perubahan signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia. Perkembangan teknologi informasi meliputi perkembangan infrastruktur teknologi, khususnya dalam bidang teknologi informasi, seperti adanya hardware, software, teknologi penyimpanan data (storage), dan teknologi komunikasi (Laudon, 2006: 174). Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain, seperti kesehatan,pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain. Tahun 1650 sampai dengan 1955 dinyatakan oleh Alvin Toffler sebagai era industri. Era ini dimulai dengan terjadinya revolusi industri, yaitu sejak ditemukannya mesin-mesin industri. Tenaga kerja manusia di dalam pabrik mulai diganti dengan mesin. Namun seiring dengan bergulirnya waktu, saat ini kita berada pada zaman Teknologi dan Informasi. Sebagai contoh, kini telah di temukan alat elektronik anti bakteri pada mesin cuci, lemari es dan pendingin ruangan yaitu dengan menggunakan teknologi nano. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan.
2.2 Teknologi Menurut Finn, 1990
Finn, 1960 sebagaimana dikutip oleh Gentry menyatakan, “selain diartikan sebagai mesin, teknologi bisa mencakup proses, sistem, manajemen, dan mekanisme pantauan; baik manusia itu sendiri atau bukan, serta dirinya sendiri
Secara luas, cara pandang terhadap masalah berikut lingkupnya, tingkat kesukaran, studi kelayakan, serta cara mengatasi masalah secara teknis dan ekonomis”. Dalam hal yang sama, ia mengutip pula konsep Simon (1983) yang berbunyi,“teknologi sebagai disiplin rasional, dirancang untuk meyakinkan manusia akan keahliannya menghadapai alam fisik atau lingkungan melalui penerapan hokum atau aturan ilmiah yang telah ditentukan”.

2.3 Konsep Teknologi Menurut Saettler
Disamping kedua definisi, pemikiran Saettler tidak jauh berbeda. Beliau mengutip asal katanya techne, bahasa Yunani, dengan makna seni,kerajinan tangan, atau keahlian. Kemudian ia menerangkan bahwa teknologi bagi bangsa Yunani kuno diakui sebagai suatu kegiatan khusus, dan sebagai pengetahuan. Pendapat Saettler ini mengacu pada konsep itcham, Ia mencantumkan uraian Aristotle tentang techne sebagai penerapan (ilmu) pengetahuan sistematis agar menghasilkan kegiatan (manusia) yang baik.
2.4 Teknologi di Bidang Pendidikan
Konsep teknologi yang telah dibahas tadi sebetulnya dapatditerapkan bagi berbagai disiplin ilmu. Untuk kebutuhan dasar manusia, kita mengenal teknologi pangan dan teknologi penyehatan lingkungan. Di bidang industri ada teknologi perkapalan, teknologi industri itu sendiri, sedang pada ilmu murni kita mengenal bioteknologi, dan istilah DNA. Dunia pendidikan juga mengenal dan menerapkan teknologi pendidikan, Berbagai pandangan mengenai konsep Modultp-DSP\home-modulkb1rev.doc 11 definisi teknologi pendidikan sudah
diajukan para pakar. Berikut konsepkonsep dari Percival & Ellington dan pakar-pakar dari AECT, 1977 dan 1994.

2.5 Teknologi Pendidikan menurut Percival & Ellington, 1984 (Inggris)
Pada halaman 19 – 20 dari buku tentang “Educational Technology”, mereka mengutip definisi Council for Educational Technology for the UK, yang menjabarkan teknologi pendidikan sebagai pengembangan, penerapan dan evaluasi atas sistem, tehnik, serta alat bantu untuk meningkatkan proses belajar (manusia). Selain definisi ini, mereka juga mencantumkan definisi yang berasal dari National Centre for Programmed Learning, UK.
Definisi tersebut berbunyi antara lain “teknologi pendidikan adalah penerapan pengetahuan ilmiah mengenai belajar dan kondisi belajar untuk meningkatkan keefektifan dan efisiensi pengajaran dan pelatihan. Jika tidak ada temuan atau prinsip ilmiah, maka teknologi pendidikan menggunakan tehnik teruji secara empirik untuk meningkatkan proses belajar”. Mereka berpendapat pola terapan teknologi pendidikan terjadi berupa proses berulang dan pendekatan sistem sebagai alur berpikir dalam merancang situasi mengajar .
2.6 Definisi Teknologi Pendidikan menurut Association for Educational Communications  and Technology atau AECT (Amerika Serikat)
Organisasi profesi teknologi pendidikan tertua ini berulang kali merumuskan batasan yang memadai mengenai teknologi pendidikan. Beberapa definisi yang dianggap kokoh dan permanen diantaranya adalah definisi yang diluncurkan oleh Komisi khusus AECT tahun 1977 dan definisi yang diluncurkan oleh Seels & Richey tahun 1994 dan masih disponsori oleh organisasi profesi ini. Berikut rinciannya.
v  Rumusan tahun 1972
“Teknologi pendidikan sebagai bidang garapan yang terlibat dalam penyiapan fasilitas belajar (manusia) melalui penelusuran , pengembangan, organisasi, dan pemanfaatan sistematis seluruh sumber-sumber belajar; dan melalui pengelolaan seluruh proses ini”. Definisi di atas diambil dan disarikan dari rumusan sebelumnya, yaitu tahun 1963, 1970, dan 1971. Sewaktu merumuskan definisi tadi, para pakar menyatakan teknologi pendidikan sebagai bidang garapan. Mereka berusaha mencari peluang keahlian yang dapat dijadikan sebagai ‘pekerjaan’ dan mengembangkan keahlian tersebut berdasarkan pengalaman kerja yang diperoleh.
2.7 Arah atau Alur Konsep Teknologi di Dunia
Tata cara atau proses dari perkembangan dan cara menyelaraskannya pada masa sekarang yaitu mencakup :
v  Teknologi (technoware)
v  Organisasi (orgaware)
v  Tenaga kerja (humanware)
v  Informasi tentang teknologi yang dimiliki (infoware)
Dari bagan di atas bisa kita simpulkan bahwa di kemajuan teknologi pada bidang Tenaga    Kerja  (hum anware) sangat memberikan peluang atau kesempatan bagi kita semua untuk mendapat suatu pekerjaan yang sesuai dengan skill dan pengetahuan kita, kerja sama dan kecepatan kita dalam mendapat Informasi tentang teknologi yang di miliki (Infoware), karena jika kita tidak mencari atau melihat informasi tentang teknologi, maka peluang tenaga kerja tersebut sangat sulit di dapatkan dan kita masih terpaku dengan apa yang ada, padahal perkembangan pengetahuan dan teknologi dalam setiap waktunya terus berjalan.
Perkembangan Teknologi (technology) pada masa sekarang dan perkembangan organisasi (orgaware) yang membuat keduanya saling berkaitan sehingga penyampaian dan komunikasi dengan mudah di bagikan kepada satu sama yang lain, penggabungan komunikasi dan  interaksi dari organisasi yang membuat teknologi semakin bertambah baik dalam individu maupun kelompok dan orang  banyak. Dan perkembangan Teknologi memberikan kontribusi karena semuanya saling bekerjasama dan menyatu sehingga memberikan kemajuan–kemajuan yang berlanjut, bisa di lihat  Tenaga Kerja (Humanware) berusaha mencari  Informasi tentang teknologi yang dimiliki (infoware) dan pada Teknologi (technology) memberikan peluang kepada Organisasi (Orgaware) dan kelompok untuk saling membantu pada masa berkembangnya technology.
2.8 Sifat Teknologi
Untuk mengenali teknologi serta peranannya bagi manusia, kategorisasi karakter teknologi perlu dicermati.Bagi Heinich, teknologi dianggap sebagai suatu disiplin ilmu yang sistematis dan rasional. Ia merumuskan beberapa sifat yang harus dimiliki oleh suatu teknologi. Sifat-sifat tersebut adalah :
(1) dapat ditiru, diulang atau diperbanyak (replicability)
(2) diandalkan karena melalui serangkaian ujicoba (reliability)
(3) mudah digunakan dan dilaksanakan untuk mengatasi masalah
(algorithmic-decision making)
(4) dapat dikomunikasikan dan dipantau dengan baik

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 KESIMPULAN
Saat ini Teknologi Informasi (TI) berkembang sangat pesat dan meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Baik untuk keperluan menyelesaikan pekerjaan sehari - hari di tempat kerja, maupun di dalam kehidupan pribadi atau keluarga. Perkembangan TI ini akan mendominasi dunia dan sangat memengaruhi kehidupan masyarakat di masa mendatang.

             Sumber Daya Manusia yang dapat mengerti perkembangan ini dan mampu menerapkannya dalam kehidupannya sehari - hari akan mampu bersaing dengan SDM lain yang tidak mengikuti perkembangan ini.
            Kuliah ini mengenalkan tentang konsep-konsep teknologi informasi. Mata kuliah ini menerangkan tentang berbagai macam konsep teknologi informasi, dimulai dari perkembangan, etika, sampai fungsionalitas teknologi informasi. Mata kuliah ini sangat penting dalam memberikan motivasi kepada para mahasiswa dan menarik minat mereka untuk berinteraksi dengan teknologi informasi.

3.2 SARAN
Untuk kemajuan teknologi informasi teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.Diharapkan dengan adanya teknologi computer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.Kemajuan teknologi informasi computer software dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.
DAFTAR PUSTAKA

http://pengantarteknologiinformatikaa.blogspot.com
http://Adnyana.blogspot.com





1 komentar:

  1. What are the best casino slots casinos to play at? - DrmCD
    Some of these are slot 보령 출장안마 machines that use some kind 군산 출장샵 of multiplier, but also some progressive jackpots and a 군산 출장샵 variety 양주 출장샵 of progressive jackpots. 의왕 출장샵

    BalasHapus