KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadiran
Tuhan Yang Maha Esa yang selalu melimpahkan kesehatan kepada saya, sehingga
penulisan Makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya dan saya tidak
lupa juga mengucapkan banyak terimakasih kepada
Dosen pembimbing Mata Kuliah “ INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER “ atas
semua motivasinya yang di berikan kepada saya sehingga semua permasalahan dalam
penulisan makalah ini dapat saya
selesaikan dengan baik.
Dan saya menyadari bahwa penulisan
makalah ini masih banyak kekurangan, maupun dari segi kata-kata yang di
sampaikan maupun dari segi penulisan dan oleh sebab itu saya selaku penulis
makalah ini, memohon kritik dan saran yang membangun agar di penulisan makalah
selanjutnya menjadi lebih baik lagi.
Palu,1 juli 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
........................................................................................ i
DAFTAR ISI ...................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
......................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah..................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Identitas File atau Ekstensi
....................................................................... 2
B. Pengertian Set UP
..................................................................................... 2
C. Jenis Jenis virus
........................................................................................2
D. Cara Melihat Virus di Windows dan
Hapus (CMD)................................... 3
E. Cara Merubah Ekstensi Sistem DOS
........................................................4
F. Ekstensi COM Berpengaruh saat di
Restore.............................................8
G. Dialog Berbasis Bahasa
Pemprograman...................................................8
H. Dialog Berbasis Antar Muka secara
Alami...............................................9
I.
Dialog
Berbasis Sistem Menu....................................................................9
J.
Dialog
Berbasis Pengisian Barang.............................................................10
K. Dialaog Berbasis
Ikon..............................................................................12
L. Dialog Berbasis Sistem Penjendelaan
atau Windows................................ 13
M. Dialog Berbasis Manipulasi
Langsung........................................................ 14
N. Dilaog Antar Muka Berbasis Interaksi
Grafik.............................................15
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan................................................................................................16
B.
Saran .........................................................................................................16
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................17
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pengertian Umum, dialog adalah proses
komunikasi antara 2 atau lebih agen yang ada di lokasi .dan dialog adalah
pertukaran instruksi dan informasi yang mengambil tempat antara user dan sistem
komputer. Informasinya disusun dalam formulir-formulir, nama-nama dan susunan
menu, ukuran dan bentuk dari ikon, dll, semuanya harus konsisten diseluruh
sistem.Konsisten mengijinkan banyak aksi menjadi otomatis .Jika ada aplikasi
baru hadir dengan fungsi yang berbeda akan menyebabkan user harus mempelajari
kembali operasi-operasi yang dilakukanMisal:
konsistensi di dalam menu bar untuk File, Edit dan Format.
B.Rumusan Masalah
1. Bagaimana Latar Belakang itu ?
2. Bagaimana itu file dan Ekstensinya ?
3. Dan Bagaimana cara mendefenisikan Set
UP ?
4. Dan Contoh-Contoh Virus
5. Bagaimana Cara Melihat Virus di
Sistem Windows ?
6. Bagaimana Mendeteksi Virus ?
7. Bagaimana Penjelasan Cara Merubah
Ekstensi Sistem DOS ?
8. Apakah Ekstensi COM Berpengaruh saat
di Restore ?
9. Mendefenisikan Dialog Berbasis Bahasa
Pemprograman itu seperti apa ?
10. Dialog Berbasis Antar Muka secara
Alami
11. Dialog Berbasis Sistem Menu.
12. Dialog Berbasis Pengisian Barang
13. Dialaog Berbasis Ikon
14. Dialog Berbasis Sistem Penjendelaan
15. Dialog Berbasis Manipulasi Langsung
16. Dilaog Antar Muka Berbasis Interaksi
Grafik
BAB II
PEMBAHASAN
A.Identitas File atau
Ekstensi
Pengertian Extensions atau ekstensi
adalah identitas dari file yang menerangkan format atau tipe dari suatu file.
Ekstensi file adalah rangkaian huruf yang berada setelah tanda titik terakhir
dari nama file. sebagai contoh file dengan nama huda SETUP.exe pada sistem
operasi windows adalah file dengan tipe Executable atau aplikasi
B.Pengertian Set UP
Sebuah
program yang menyiapkan suatu aplikasi software agar bisa dijalankan pada
sebuah computer. Setup menciptakan sebuah folder dengan nama default pada
harddisk dan meng-copy file-file dari CD-ROM atau disket
C.Jenis Jenis virus dan Penjelasanya
Adalah
sebuah program perangkat lunak berbahaya yang ditulis dengan sengaja untuk
memasuki komputer tanpa izin atau tanpa spengetahuan pengguna. Virus komputer
punya kemampuan untuk mengandakan dirinya sendiri, akibatnya dapat terus
menyebar. Beberapa virus melakukan sedikit kerusakan, sementara yang lain dapat
menyebabkan kerusakan parah atau mempengaruhi kinerja windows. Ada berbagai
jenis virus yang dapat diklasifikasikan menurut asal mereka, teknik, jenis file
yang mereka infeksi, di mana mereka bersembunyi, jenis kerusakan, jenis sistem
operasi. Berikut ini berbagai jenis virus komputer beserta penjelasannya
1.
Worm - Menduplikatkan
dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk)
menjadi penuh akan worm itu.
2.
Trojan - Mengambil data
pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu
sendiri.
3.
Backdoor - Hampir sama
dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja.
Misalnya game.
4.
Spyware - Virus yang
memantau komputer yang terinfeksi.
5.
Rogue - merupakan
program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya
antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya
virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program
antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut.
Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus
lain.
6.
Rootkit - Virus yang
bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
7.
Polymorphic virus - Virus yang
gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
8.
Metamorphic
virus -
Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
D.Cara Melihat Virus di Windows dan
Cara Hapus Mengunakan (CMD)
Selama ini saya tidak menginstal
antivirus apapun di komputer saya. Karena saya rasakan dengan kita menginstal
banyak antivirus justru memperlambat kerja komputer kita. Berapa banyak memori
komputer yang digunakan untuk meload antivirus tersebut. Berikut ini saya akan
share pengalaman saya menangani virus, salah satu caranya adalah dengan
mengecek virus dan menghapusnya secara manual dan sebelum anda mau menghapus
virus harus tau terlebih dahulu jenis virus dan Ekstensinya dan jangan asal
hapus bisa jadi itu file system anda. Inilah langkah-langkahnya:
- Ketik CMD(Command Prompt) di kotak run
- Ketik ‘cd\’ (tanpa kutip) untuk ganti direktori tekan enter
- Ketik ‘C:’ (tanpa kutip) dimana sistem windows kita berada kemudian tekan enter
- Ketik ‘attrib’ (tanpa kutip) tekan enter
- Silahkan kenali file-file sistem. Jika ada file yang mencurigakan dan tidak ada sebelumnya berarti itu kemungkinan virus. Lihat tanggal munculnya file tersebut. Jika kita tidak pernah menginstalnya tetapi ada disitu itu patut dicurigai virus.
- Hapus Virus dengan mengetikkan DEL pada lokasi/path virus misalkan DEL C:\brontok.exe kemudian tekan enter dan anda bisa Lihat di Gambar 1.JPG
Gambar 1.JPG
E.Cara Merubah Ekstensi Sistem DOS
Gambar 2. JPG
MS-DOS adalah
singkatan dari Microsoft Disk Operating System, yaitu Sistem
Operasi berbasis baris-perintah (command-line) yang digunakan pada PC.
Seperti sistem operasi lain contohnya OS/2, ia menterjemahkan input dari keyboard
menjadi pekerjaan yang dapat dilakukan oleh komputer, ia juga dapat menangani
pekerjaan seperti input dan output pada disket atau harddisk,
dukungan video, kontrol keyboard , dan banyak lagi fungsi-fungsi internal
lainnya yang berkaitan dengan eksekusi sebuah program dan pemeliharaan file.
Perintah
MS-DOS diketikkan dalam sebuah jendela yang disebut Command
Prompt Window. Untuk keluar dari MS-DOS, ketik exit
dalam jendela tersebut yaitu pada kursor yang berkedip-kedip MS-DOS Mode
adalah sebuah shell dimana lingkungan MS-DOS di-emulasikan dalam
Sistem
Operasi 32-bit, seperti Windows. Program berbasis MS-DOS dapat berjalan di
Windows dan biasanya ia membuat sebuah file yang disebut Program
Information File (PIF) yang muncul sebagai shortcut
di desktop anda.Untuk membuka jendela Command Prompt, klik Start,
pilih All
Programs, pilih Accessories, dan kemudian klik Command
Prompt.
Perintah-Perintah
Internal MS-DOS / Command Prompt
Berikut ini adalah daftar perintah-perintah
command prompt yang ada pada MS-DOS mode di Windows XP. Untuk informasi
lebih spesifik mengenai suatu perintah, ketik HELP nama-perintah di
jendela Command Prompt.
1.
ASSOC
Menampilkan atau mengubah asosiasi ekstensi file.
2.
AT Menjadwalkan perintah dan program
agar berjalan di komputer pada waktu tertentu.
3.
ATTRIB Menampilkan atau mengubah atribut
suatu file.
4.
BREAK Mengatur atau menghilangkan
pemeriksaan extended CTRL+C.
5.
CACLS Menampilkan atau mengubah daftar
kontrol akses (ACLs) dari files.
6.
CALL Memanggil sebuah program batch dari
program batch yang lain.
7.
CD / CHDIR Menampilkan nama atau mengubah
direktori sekarang.
8.
CHCP Menampilkan atau mengubah nomor active
code page.
9. CHKDSK Memeriksa sebuah
disket/harddisk dan menampilkan laporan status disket/harddisk tersebut.
10. CHKNTFS Menampilkan atau
mengubah proses pemeriksaan disket pada saat booting.
11. CLS Menghapus layar
jendela command prompt.
12. CMD Menjalankan
interpreter perintah Windows yang baru.
13. COLOR Mengubah warna
teks dan latar pada command prompt.
14. COMP Membandingkan isi
dari dua atau beberapa file
15. COMPACT Menampilkan atau
mengubah kompresi file pada partisi NTFS.
16. CONVERT Mengkonversi FAT
ke NTFS. Anda tidak dapat mengkonversi drive yang sedang aktif.
17. COPY Menyalin satu
atau beberapa file ke lokasi lain.
18. DATEM enampilkan atau
mengubah tanggal.
19. DEL / ERASE Menghapus
satu atau beberapa file.
20. DIR Menampilkan
daftar file dan subdirektori dalam sebuah direktori.
21. DISKCOMP Membandingkan isi
dari dua buah disket.
22. DISKCOPY Menyalin isi dari
satu disket ke disket lain.
23. DOSKEY Mengedit baris
perintah, memanggil kembali perintah Windows, dan membuat macro.
24. ECHO Menampilkan
pesan, atau mengubah command echoing on atau off.
25. ENDLOCAL Mengakhiri
lokalisasi dan perubahan environment pada sebuah batch file..
26. EXIT Keluar dari
program CMD.EXE dan menutup jendela command prompt.
27. FC Membandingkan dua
atau beberapa file, dan Menampilkan perbedaan file-file tersebut.
28. FIND Mencari string
teks dalam sebuah file atau beberapa file.
29. FINDSTR Mencari string
dalam file.
30. FOR Menjalankan
perintah yang spesifik untuk masing-masing file dalam sekumpulan file.
31. FORMAT Mem-Format sebuah
hardisk/disket untuk digunakan di Windows.
32. FTYPE Menampilkan atau
mengubah tipe file yang digunakan dalam asosiasi ekstensi file.
33. GOTOM engarahkan
Windows command interpreter ke baris yang berlabel dalam sebuah program batch.
34. GRAFTABL Memperbolehkan
Windows untuk menampilkan sekumpulan karakter extended dalam mode grafik.
35. HELP Menyediakan
informasi bantuan untuk perintah-perintah Windows.
36. IF Menjalankan
pemrosesan kondisional dalam program batch.
37. LABEL Membuat,
mengubah, atau menghapus volume label dari sebuah disket/harddisk.MD / MKDIRMembuat
direktori.
38. MODE Mengkonfigurasi
alat yang ada pada sistem.
39. MORE Menampilkan hasil
perlayar.
40. MOVE Memindahkan satu
atau beberapa file dari satu direktori ke direktori yang lain.
41. PATH Menampilkan atau
mengatur path pencarian untuk executable files.
42. PAUSE Menunda
pemrosesan dari sebuah batch file dan menampilkan pesan.
43. POPD Mengembalikan
nilai sebelumnya dari direktori sekarang yang disimpan oleh PUSH.
44. PRINT Mencetak file
teks.
45. PROMPT Mengubah command
prompt Windows.
46. PUSHD Menyimpan
direktori sekarang kemudian mengubahnya.
47. RD /RMDIR Menghapus
direktori.
48. RECOVER Mengembalikan
informasi yang masih dapat dibaca dari sebuah disket/harddisk yang sudah bad/rusak.
49. REM Menulis komentar
dalam batch files atau CONFIG.SYS.
50. REN / RENAME Mengubah nama
file.
51. REPLACE Mengganti file.
52. SET Menampilkan,
mengatur, atau menghapus variabel lingkungan Windows.
53. SETLOCAL Memulai
lokalisasi dari perubahan lingkungan dalam sebuah batch file.
54. SHIFT Menggeser posisi
parameter yang dapat diganti dalam sebuah batch files.
55. SORT Menyortir input.
56. START Membuka jendela
baru untuk menjalankan perintah atau program yang spesifik.
57. SUBST Membuat virtual
drive dari sebuah direktori.
58. TIME Menampilkan atau
mengatur waktu sistem.
59. TITLE Mengatur judul
untuk jendela command prompt yang aktif.
60. TREE Menampilkan
secara grafis struktur direktori dari sebuah drive atau path.
61. TYPE Menampilkan isi
dari sebuah file teks.
62. VER Menampilkan versi
Windows yang anda gunakan.
63. VERIFY Memberitahu
Windows untuk memeriksa apakah file anda telah disimpan secara benar dalam
disket/harddisk.
64. VOL Menampilkan nomor
serial dan volume label dari sebuah harddisk/disket.
65. XCOPY Menyalin
file serta pohon direktori
G.Dialog Berbasis
Bahasa Pemprograman
Dialog berbasis bahasa pemrograman
merupakan ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah
perintah kedalam suatu berkas yang sering disebut batch file. Perintah
yang digunakan dalam ragam dialog bahasa pemrograman tidak harus menggunakan
salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi maupun tingkat rendah seperti
Pascal, C atau BASIC, tetapi harus mengikuti aturan-aturan tertentu.
H. Dialog Berbasis Alami
Untuk melakukan dialog antara manusia
dengan mesin maka diperlukan suatu usaha untuk meminimalkan masukan lewat
pengetikan pengguna dalam persoalan kesimetrisan ragam masukan dan keluaran.
Dalam hal ini pengguna bebas memberikan sembarang instruksi, namun computer
harus mempunyai kemampuan mengolah untuk mengerti arti dari instruksi. Untuk itu
diperlukan suatu penterjemah agar dapat menterjemahkan perbedaan bahasa manusia
dan computer.
Keuntungannya adalah : tidak memerlukan sintaksis, luwes, alamiah, merupakan
inisiatif campuran.
Dan kerugiannya adalah : mempunyai dualism, tidak presis, bertele-tele, perancangan
perangkat lunak yang rumit dan tidak efisien.
I. Dialog Berbasis Sistem Menu
Menu adalah daftar sejumlah pilihan
dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa satu kalimat atau kumpulan beberapa
data Sistem menu terdiri dari empat bagian :
1) Sistem menu datar
2) System menu tarik
3) Selektor kompetibel (huruf dan angka)
4) Selector tak kompetibel (huruf atau
angka): adalah selector huruf yaitu huruf yang sama dengan huruf pertama dari
suatu pilihan Selektor angka yaitu angka decimal yang sama
dengan no.urut alpabetis dari huruf pertama pilihan.
Penggunaan tanda terang yang dapat
digerakkan pada semua pilihan yang ada di layar dengan cara menggunakan arah
pada keyboard dan juga dengan cara mengarahkan mouse pada pilihan yang
diinginkan dan ada dua cara yang dapat digunakan untuk menyalakan status sebuah
menu yaitu :
1) Tidak menampakkan menu/pilihan
tersebut sehingga keadaan menu akan selalu berubah dari waktu ke waktu.
2) Tetap menampilkan menu/pilihan yang
pasif,tetapi warna dibuat dengan warna pilihan aktif.
J.Dialog
Berbasis Pengisian Borang
Dialog berbasis pengisian borang
(form filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas
pengisian borang dalam kehidupan sehari- hari ke dalam sistem komputer.
Kualitas antarmuka berbasis pengisian borang tergantung pada tiga aspek yaitu:
1) Tampilan pada layar monitor yang
mencerminkan struktur data masukan yang diperlukan oleh sistem.
2) Kejelasan perancangan dan
penyajiannya secara visual pada layar monitor.
3) Derajat kebenaran dan kehandalan
penerimaan data masukan oleh program lewat berbagai fasilitas pemasukan data
yang ada di dalam borang tersebut.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
perancangan tampilan borang yaitu :
1) Proteksi tampilan, pembatasan
tampilan yang tidak dapat diakses pengguna.
2) Batasan medan tampilan, penentuan
panjang yang tetap atau berubah, menggunakan format bebas atau tertentu.
3) Isi medan, petunjuk pengisian
tampilan.
4) Medan opsional, dinyatakan secara
tekstual atau menggunakan aturan tertentu, seperti penggunaan warna
berintensitas rendah, warna tampilan yang berbeda, dan lain-lain.
5) Default, tentukan tempatnya, apakah
pada bagian yang tidak dapat diakses pengguna ataukah pada bagian pemasukan
data.
6) Bantuan, bantuan (help) cara
pengisian borang.
7) Medan penghentian, masukan data dapat
diakhiri dengan menekan tombol Enter atau Return atau mengisi karakter terakhir
dengan karakter tertentu atau dengan cara berpindah ke medan lain.
8) Dan Navigasi, menggunakan tombol Tab
untuk urutan yang tetap, atau dapat pula digerakkan secara bebas menggunakan
mouse.
9) Pembetulan kesalahan, menggunakan
tombol Back Space dengan menindihi (overwrite) isian lama, dengan jalan
membersihkan dan mengisi kembali medan tersebut, dan lain-lain.
10) Penyelesaian memberitahu pengguna bahwa
seluruh proses pengisian telah selesai.
Keuntungan ragam dialog berbasis
borang yaitu :
1) pengguna sudah terbiasa dengan
pengisian borang
2) isian data yang disederhanakan
3) beban memori rendah
4) strukturnya jelas
5) perancangan mudah
6) tersedia berbagai piranti bantu
perancangan tampilan
Kerugian ragam dialog berbasis borang
yaitu :
1) seringkali lambat
2) memakan ruang layar
3) tidak cocok untuk pemilihan
perintah/instruksi
4) memerlukan pengontrol kursor
5) mekanisme navigasinya tidak terlihat
secara eksplisit
6) memerlukan suatu bentuk pelatihan
K. Dialaog Berbasis
Ikon
Dialog berbasis ikon adalah ragam dialog yang banyak
menggunakan simbol-simbol dan tanda-tanda untuk menunjukkan suatu aktifitas
tertentu.Dialog berbasis ikon seperti pada gambar di bawah:
Permasalahan yang muncul adalah bagaimana
menentukan seberapa tepat arti suatu nama atau ikon. Dari sudut pandang
psikologi dianggap bahwa mereka harus dipilih berdasarkan seberapa lazim atau
diimajinasikan Namun hal ini tidak sederhana, masalahnya adalah dengan
menggunakan kata-kata yang lazim atau mudah diingat. Hal ini menjelaskan bahwa
kata tersebut dapat membingungkan jika digunakan dalam kawasan komputasi.
Keuntungan dialog berbasis ikon yaitu:
1) gambar
bersifat umum
2) mudah
diingat dan dipelajari shg mempertinggi kinerja pengguna
3) tidak
bergantung pada suatu bahasa.
Kerugiannya yaitu:
1)
cenderung membingungkan
2)
boros tempat dan sangat tidak
efektif
L. Dialog Berbasis
Sistem Penjendelaan atau Windows
Sistem penjendelaan adalah sistem
antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi ke
dalam bagian-bagian layar yang tidak saling mempengaruhi. Jenis-jenis
jendela yaitu:
·
Jendela
TTY : jendela paling sederhana.
Contohnya adalah ketika anda berada pada dot
prompt.
·
Time-Multiplexed
Windows : jendela yang dapat digeser (scrollable windows), dan frame-at-a-time
windows.
Contoh :
text editor atau menu tarik
·
Space-Multiplexed
Windows : lebar layar dibagi menjadi beberapa jendela dengan ukuran yang
bervariasi.
Contoh : Microsoft Windows XP
·
Jendela
non Homogen : jenis jendela yang tidak dapat dikelompokkan dalam
jendela-jendela diatas.
Contoh : ikon dan zooming window
Pemanfaatan sistem penjendelaan yaitu
:
1) Penampilan lebih banyak informasi
2) Pengaksesan lebih banyak sumber
informasi
3) Pengkombinasian berbagai sumber
informasi
4) Pengontrolan bebas atas sejumlah
program
5) Pengingatan
6) Command context/active form
7) Penyajian jamak
M. Dialog Berbasis Manipulasi
Langsung
Manipulasi langsung merupakan Ragam
dialog yang menyajikan langsung suatu aktifitas oleh sistem kepada pengguna,
sehingga aktifitas itu akan dikerjakan oleh sistem komputer. Ketika pengguna
memberikan langsung instruksi lewat manipulasi langsung dari semacam kenyataan
maya (virtual reality) yang terpampang lewat tampilan yang muncul di layar.
Penerapan manipulasi langsung yaitu:
1) Kontrol proses, contoh : sistem
pembangkitan dan penyaluran listrik yang terhubung dengan sistem secara online.
2) Simulator merupakan sistem miniatur
yang mencoba menirukan kerja suatu sistem yang berskala sangat besar atau sangat
kecil jika dilihat dari kacamata orang awam. contoh : Simulator penerbangan.
3) Perancangan berbantuan komputer Atau
CAD (Computer Aided Design), contoh : penggunaan program AutoCAD,
Keuntungan manipulasi langsung yaitu:
1) mempunyai analogi yang jelas dengan
suatu pekerjaan nyata
2) mengurangi waktu pembelajaran
3) memberikan tantangan untuk eksplorasi
pekerjaan yang nyata
4) penampilan visual yang bagus
Kerugiannya yaitu:
1) memerlukan program yang rumit dan
berukuran besar
2) memerlukan tampilan grafis berkinerja
tinggi
3) memerlukan piranti masukan seperti
mouse, trackball
4) memerlukan perancangan tampilan
dengan kualifikasi tertentu
N.Dilaog Antar Muka
Berbasis Interaksi Grafik
Dialog berbasis interaksi grafik
(GUI) merupakan dialog yang menggunakan bentuk-bentuk visual, seperti grafik,
ikon dan animasi. Contoh : Pada Microsoft Word ketika kursor mendekati suatu
ikon akan muncul pesan yang menunjukkan arti ikon tersebut.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Efisiensi dalam sistem komputer yang
melibatkan berbagai Macam Aspek sosial telah melahirkan bermacam-macam Ragam
Dialog unjuk kerja manusia dan komputer secara bersama-sama dan hasil yang
diperoleh dari kerjasama antara manusia dan komputer.Sehingga, meskipun
efisiensi dalam aspek rekayasa perangkat lunak sistem menjadi sangat penting
jika mereka berpengaruh pada waktu tanggap atau laju penampilan sistem,
seringkali perancang lebih memilih untuk memanfaatkan hasil teknologi baru
untuk meminimalkan ongkos pengembangan system .Sebaliknya, tidak dapat
dipungkiri bahwa biaya personal dari seorang ahli akan semakin meningkat dari
waktu ke waktu.
B.Saran
Berbagai Ragam Dialog sudah
dijelaskan di pembahasaan Makalah ini ada berbagai aspek yang bisa di simak
yang berasal dari beberapa sumber yang di rangkum menjadi satu untuk menjadi
sebuah pembahasan yang benar dan baik sehingga bisa bermanfaat bagi kita semua agar kinerja para pelajar lebih
maksimal lagi.
DAFTAR PUSTAKA
https://kusuma1506.wordpress.com/category/interaksi-manusia-dan-komputer/
http://ernisilvernie.wordpress.com/category/pendidikan/interaksi-manusia-dan-komputer/
http://adityanugroho90.blogspot.com/2010/03/pengertian-dialog-manusia-komputer.html
http://pengertianpengertian.blogspot.com/2013/11/pengertian-extensions-atau-ekstensi.html
http://www.it-jurnal.com/2014/03/Pengertian.dan.Jenis-jenis.Virus.pada.Komputer
http://humcomint.wordpress.com/2013/10/10/ragam-dialog
Tidak ada komentar:
Posting Komentar